Bakmi Karet Iwan, Sawah Besar

Bakmi karet adalah jenis bakmi yang saya suka, mungkin karena teksturnya yang tebal sehingga lebih terasa ada “usaha” saat mengunyahnya. Kebetulan beberapa kali setiap saya melewati Jl. Samanhudi di Sawah Besar, saya selalu melihat gerobak bakmi karet Iwan ini. Sangat penasaran, sebab biasanya bakmi karet dijual di rumah makan atau kedai, jarang-jarang ada di gerobak pinggir jalan. Namun kebetulan juga setiap saya melewati jalan itu, saya selalu dalam kondisi kenyang alias sudah makan sebelumnya.

Maka suatu pagi saya niatkan untuk khusus datang ke sini lagi, mencicipi bakmi karet Iwan. Hanya ada satu gerobak dan satu meja, yang kapasitasnya hanya untuk 4 orang (jika sedang PSBB seperti ini, hanya muat 2 orang). Gerobaknya terlihat sudah usang sekali, tetapi pembelinya cukup ramai – tentu saja antara bungkus pulang (take away) atau ojek online.

bakmi karet iwan

Saya langsung memesan seporsi mie. Sebenarnya ada banyak pilihan jenis mie, seperti mie halus, mie keriting, bihun, dan mie karet; tetapi saya memesan andalannya, yakni mie karet. Tidak ada pilihan topping, hanya ada daging ayam kecap dan halal. Saya juga memesan pangsit karena dengar-dengar pangsitnya enak.

Waktu memasak cukup lama, tetapi masih bisa ditoleransi. Semangkuk mie karet dengan topping ayam kecap pun tersaji. Rasanya gurih sekali. Mienya alot (bagi penggemar bakmi karet seperti saya, ini artinya bagus) dan daging ayam cincangnya dimasak hingga lembut. Berdasarkan indra pengecapan dan penciuman saya, bumbu utama dari mie ini adalah minyak bawang dan minyak wijen, sehingga aromanya tidak kalah dengan bakmi yang menggunakan minyak b2. Pangsit ayamnya juga enak, isiannya cukup besar, tetapi menurut saya bukan pangsit ayam terenak yang pernah saya coba.

bakmi karet iwan
bakmi karet iwan

Seporsi mie ayam karet dihargai Rp20.000, sedangkan seporsi pangsit kuah (isi 3) dihargai Rp10.000 (harga per Januari 2021). Total Rp30.000, dengan air mineral gelas yang dapat kita ambil dan minum secara gratis. Untuk rasa yang enak dan porsi yang besar, Rp20.000 sangat worth. Dan ini menjadi salah satu bakmi favorit saya.

Silakan datang pada pukul 7 pagi hingga sebelum 3 sore. Sayangnya, Bakmi Iwan kadang tidak buka tanpa ada jadwal tutup yang jelas. Beberapa kali saya datang dan tidak menemukan. Sayang sekali. Terlepas dari itu, bakmi ini recommended sekali.

Bakmi Ayam Karet Iwan
Jl. Samanhudi no.30, RT.1/RW.8,
Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam buka: setiap hari, 07.00 – 15.00

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *