Pengalaman Pertama Menginap di Hotel Kapsul

pengalaman di hotel kapsul surabaya

Bagaimana sih rasanya menginap di hotel kapsul? Banyak teman-teman menanyakan setelah saya meng-upload foto saya sedang berada di hotel kapsul via InstaStory. Ternyata banyak yang penasaran dan ingin mencoba hotel kapsul seperti saya.

Well, pengalaman saya bisa menginap di hotel kapsul bermula dari saya akan menghadiri sebuah konferensi nasional psikologi sebagai moderator di Surabaya. Konferensinya hanya sehari, tetapi saya sengaja extend dua hari supaya bisa sekalian mengelilingi kota Surabaya. Nah, kemudian saya terpikir untuk mencoba hotel kapsul untuk menghemat budget. Hotel kapsul yang saya pilih adalah Tab Capsule Hotel Kayoon.

Supaya lebih mudah ditulis, saya share pengalaman saya dalam bentuk poin-poin ya:

1. Alasan utama saya memilih hotel kapsul adalah budget. Tarif hotel kapsul seringkali lebih murah, bahkan dari hotel budget sekalipun. Tetapi budget bukanlah satu-satunya alasan. Meski tarifnya murah, saya juga memperhitungkan faktor kebersihan, dan juga lokasi. Percuma murah tapi hotelnya jorok dan lokasinya jauh dari berbagai tempat, lebih baik tambah 100ribu per malam untuk menginap di hotel budget. Nah untungnya hotel kapsul yang saya inap memberikan ketiganya: tarif murah, bersih, dan lokasi strategis.

2. Surprisingly, hotel kapsul tidak sejorok yang saya kira. Awalnya saya ragu-ragu untuk menginap di hotel kapsul karena faktor kebersihan. Kamar mandi di hotel kapsul dipakai bergantian (shared bathroom), dan saya mengkhawatirkan kebersihan kamar mandinya. Tapi ternyata tidak jorok seperti kekhawatiran saya! Kamar mandinya bersih dan terawat, bahkan air panasnya menyala. Perlu dicatat, hotel kapsul tempat saya menginap hanya menyediakan handuk dan sabun mandi cair; jadi peralatan mandi lainnya seperti sikat gigi, shampoo, dan sabun cuci muka harus disiapkan sendiri ya.

3. Ternyata tidak sesempit yang dikhawatirkan! Banyak yang mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak akan menggunakan hotel kapsul karena ruangannya sempit. Ternyata tidak! Masing-masing kapsul lebarnya 1,6 meter dan panjangnya 2 meter, yang artinya ruangan tersebut cukup luas! Masih banyak space yang bisa saya gunakan di dalam kapsul, dan saya masih bisa berguling-guling di dalamnya, meski tidak sebebas berguling-guling di ranjang king size yaaa… Kecuali kamu claustrophobia, harusnya sih tidak merasa bermasalah dengan luas ruangannya.

pengalaman di hotel kapsul surabaya

4. Nyaman! Tidak hanya murah, bersih, dan lokasi strategis; ternyata hotel kapsul yang saya inap juga nyaman. Tab Capsule Hotel mengusung konsep futuristik, dan kapsulnya dibuat seperti pesawat luar angkasa. Temperatur ruangan (AC) bisa diatur sehingga dinginnya ruangan bisa disesuaikan. Termasuk juga dengan penerangan, bisa kita atur dengan tombol yang sudah tersedia di dalam kapsul. Selain itu, juga tersedia bantal dan selimut. Kita juga diberikan loker yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga dan loker tersebut bisa dikunci. Oh iya, kita juga akan mendapatkan 2 botol air mineral, dan dengan menggunakan botol air mineral itu saya bisa mengisi air secara free flow melalui dispenser yang tersedia di hotel.

5. Dapat sarapan gratis juga. Ternyata dapat sarapan gratis yang tersedia di Tab Eleven Cafe, lokasinya di lantai paling atas dan konsep cafenya adalah rooftop cafe. Pemandangan dari cafe asyik sekali, baik itu pagi hari maupun malam hari. Sebagai sarapan, saya mendapatkan mie goreng pada hari pertama dan roti selai pada hari kedua, sedangkan kopi dan teh juga tersedia sebagai teman sarapan. Meski porsinya kecil, tetapi menyantap sarapan sederhana di cafe berkonsep rooftop seru banget lo! Dan bagi teman-teman yang kelaparan di malam hari, bisa memesan berbagai makanan di cafe yang harganya terjangkau ala anak kost.

(baca juga: wisata kuliner khas Surabaya)

pengalaman di hotel kapsul surabaya

pengalaman di hotel kapsul surabaya

pengalaman di hotel kapsul surabaya

6. Jangan bawa koper kalau ingin menginap di hotel kapsul. Karena kopernya tidak akan muat baik di dalam loker maupun kapsul. Lagipula hotel kapsul kan diperuntukkan bagi backpacker.

(Baca juga: panduan wisata di Kota Surabaya)

Well, itu dia pengalaman saya menginap di hotel kapsul. Secara keseluruhan, saya merasa puas sekali menginap di sini! Rasanya bila kembali ke Surabaya, saya pasti menginap di sini lagi! Oh iya, tulisan ini hanya berlaku untuk Tab Capsule Hotel Kayoon ya, belum tentu di hotel kapsul lainnya akan sama seperti deskripsi saya. Bagi teman-teman yang pernah menginap di hotel kapsul lain, boleh dong di-share di sini.

Happy traveling!

NB: tulisan ini sama sekali tidak di-endorse oleh pihak manapun, tulisan ini murni review saya sebagai pelanggan Tab Capsule Hotel Kayoon.

tab capsule hotel

garvin

Ada 3 hal yang paling ia suka: budaya, sejarah, dan mendaki gunung. Ia dapat dihubungi melalui @garvingoei.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *